LDII Jabar dan Banten Gelar Diklat Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan

” Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk membela tanah airnya. LDII tetap berkomitmen untuk berideologi Pancasila dan mempertahankan negara kesatuan. Ormas Islam juga memiliki kewajiban untuk ikut membela negaranya,”

 

Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Jawa Barat ( DPW LDII Jabar) dan DPW LDII Banten bekerjasama dengan Kodam III/Siliwangi telah menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di Rindam III/Siliwangi selama 3 hari mulai pada Sabtu (23 April 2016) hingga Senin (25 April 2016). Peserta pelatihan sekitar 300 orang yang berasal dari perwakilan DPD LDII Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dan Banten.

Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk membela tanah airnya. “LDII tetap berkomitmen untuk berideologi Pancasila dan mempertahankan negara kesatuan. Ormas Islam juga memiliki kewajiban untuk ikut membela negaranya,” dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Pusat LDII, Abdullah Syam dalam acara yang dibuka Komandan Rindam III/Siliwangi, Widi Prasetijono.

Menurut Ketua DPW LDII Jabar, Bahrudin, yang juga penanggung jawab kegiatan ini, tujuan diklat ini antara lain untuk menanamkan dan memperkuat ideologi dan pemahaman bela negara terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Pengurus LDII di Jawa Barat dan Banten. “Selain itu, untuk meningkatkan rasa kepekaan dan kewaspadaan terhadap berbagai bentuk Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan terhadap ideologi Bangsa Indonesia. Ada pun tema dari kegiatan ini adalah perkuat wawasan kebangsaan untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI”, ujar Bahrudin.

Diklat ini dimulai pada Sabtu pagi (23 April 2016) dan insyaAlloh ditutup hari ini Senin (25 April 2016). Materi kegiatan diklat ini antara lain ideologi negara, kepemimpinan, wawasan kebangsaan, nasionalisme, aspek-aspek bela negara, intelijen, dan peran dakwah dalam bela negara.

Menurut Bahrudin, pemateri dalam kegiatan ini bukan hanya dari Kodam III/Siliwangi tapi juga ada dari Polda Jabar, Kementerian Agama, MUI Jawa Barat, dan para pakar bidang sosial politik. “Sehingga para peserta kelak diharapkan memiliki rasa cinta tanah air, berbangsa dan bernegara yang lebih meningkat, sehingga di dalam melaksanakan kegiatan dan program kelembagaan semakin bermakna dan diterima di tengah masyarakat,” ujar Bahrudin.

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *