Kak Dede Yusuf Lantik Sakoda SPN Jabar

Kak-dede-yusuf-lantik-sakoda-spn-jabar
Kak Bahrudin, Ketua Mabi Sako Sekawan Persada Nusantara (SPN) Jabar), yang juga Ketua DPW LDII Jabar, saat pelantikan.

Bandung (23/1/2016). Pengurus Satuan Komunitas (Sako) Sekawan Persada Nusantara (SPN) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Barat masa bakti 2015-2020 telah dilantik Kak Dede Yusuf bertempat di Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, Jl. Cikutra 276A Bandung.

Kak H. Kayat Sukayat, S.Pd, yang juga Sekretaris DPW LDII Jawa Barat, dilantik sebagai Ketua Sakoda (pinsako) SPN Jawa Barat.

Dalam sambutannya yang penuh kekekuargaan, Kak Dede Yusuf mengatakan : “Konteks pramuka adalah persaudaraan, brotherhood, brother & sister.”

“Momen hari ini, menurut saya amat penting dan berharga, setelah sekian kali saya telah melantik para bupati dan kepala daerah selaku Mabi (Majelis Pembimbing, red)  maupun ketua kwarcab, namun baru kali ini saya melantik Satuan Komunitas (Sako)”, tambahnya.

Lebih lanjut, Kak Dede menjelaskan Dalam UU dijelaskan bahwa pramuka sebagai milik semua bangsa Indonesia, tidak harus berbasis gugus depan, tetapi harus berbasis pendidikan karena pramuka adalah bagian dari pendidikan non formal yang dilakukan dengan cara bergembira, di luar ruang dan bergembira. Sehingga dibuatlah dalam UU tersebut satuan komunitas, juga ada gugus dharma.

“Satuan komunitas adalah kelompok yang memiliki ikatan, baik ikatan kekeluargaan, keagamaan, kesamaan pemahaman namun berbasiskan pramuka. Dimana di dalam esensi pramuka itu ada 4 pilar kebangsaan : Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Siapapun boleh melaksanakan satuan komunitas ,” jelasnya.

Dede juga mengapresiasi Nahdhotul Ulama yang memiliki jumlah anggota 30 juta seluruh Indonesia dan LDII sebuah yang mempunyai track record yang panjang dan solid serta memiliki kemampuan dalam sisi ekonomi, pendidikan, dan semua bersatu di dalam pramuka.

Ke depan siapa tahu kita akan melantik lagi Sako Advent, Sako Bethel, Sako Harley Davitson, Sako Pencinta Vespa, dsb dimana semua bersatu dan mewadahi semua lapisan masyarakat dari berbagai suku, baik batak, padang, jawa, sunda, dll. Termasuk juga mewadahi berbagai lapisan politik, ada yang kuning, merah, hijau, biru, dan kelabu. “Kelabu maksudnya yang tidak masuk threshold, “selorohnya.

Pada hari yang dilantik pula Sako Daarul Maarif Nahdhotul Ulama (NU), Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Dewan Kehormatan,Pusat Informasi dan Protokol Kwartir Daerah Jabar.

Hadir dalam acara pelantikan, Prof. Dr. Abdullah Syam M .Sc selaku Ketua DPP LDII sekaligus Mabi Sako Nasional SPN, Edwin Somiroza PinSakonas SPN, H. Didi Prawiranegara Bc.TT Dewan Penasehat (wanhat) DPW LDII Jabar, KH. Muhsin Ibnu Johan Ketua Sako Nasional SPN, H. Ilih Permana Ketua Sakonas Daarul Maarif NU, KH. Suryani PWNU Jabar, Kak Ijudin Dewan kehormatan, Kak Wahid Ketua LBH, Kak Eris Ketua Pusat Informasi, Kak Joko dan jajarannya Ketua Satgiat, dan tamu undangan.

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

2 Comments on “Kak Dede Yusuf Lantik Sakoda SPN Jabar”

  1. Selamat dan sukses, Kak Drs. H. Bahrudin, MM. Sbg ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Sako SPN Jawa Barat dan Kak H. Kayat Sukayat, S.Pd sebagai Ketua Sako (Pinsako) SPN Jabar. Salam Pramuka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *