Imagine The Future | Sukses Dunia Akhirat

sukses-dunia-akhirat

SUKSES DUNIA AKHIRAT

Sukses-dunia-akhirat“Imagine thè Future” maksudnya membayangkan segala seluk beluk impian kita di masa depan. Dengan membayangkannya, kita akan merasakan seolah-olah impian tersebut di hadapan kita sehingga kita akan lebih termotivasi.

Sejarah penemuan peradaban manusia, mencatat ada manusia purba/primitif pada zaman batu dan tulang (di film anak-anak kita mengenal “fline stone“). Mereka adalah manusia prasejarah, yang hanya memikirkan bagaimana bertahan hidup dan tentu tidak memiliki visi misi jauh ke depan.  Sejalan dengan perkembangan teknologi dan info media, manusia makin punya peradaban tinggi/ canggih. Mereka berpikiran lebih maju dan berwawasan. Mereka memiliki sebuah impian (dream). Bagi orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, impian ini tentu bukan impian sempit hanya impian kesuksesan di dunia saja, tetapi impian dengan visi misi loncat jauh ke depan yakni impian dan visi-misi selamat/berhasil dunia-akherat. Di dunianya “sukses” dan di akheratnya sukses. Dan, impian tercanggih adalah Ingin berhasil Masuk Surga Selamat dari Neraka Alloh SWT.  Baiklah, ini kita sebut “Bisnis Akherat”.

Orang bisnis urusan dunia saja, harus punya tujuan (baca : impian). Apalagi kita yang sedang berbisnis akherat yang mempunyai impian selain sukses di dunia juga sukses di akhirat “Masuk Surga Selamat dari Neraka Alloh SWT”.

Berdasarkan survei, boleh percaya boleh tidak,  manusia yang ada di dunia, 27% dari mereka sama sekali tidak punya tujuan yang jelas, 60% dari mereka punya tujuan tapi agak samar-samar, 10 dari mereka punya tujuan yang jelas dan 3% diantaranya bukan hanya punya tujuan yang jelas tapi menuliskan tujuan mereka. Konon katanya yang 3% itu memiliki hidup yang lebih baik.

Tidak ada yang salah dengan bermimpi dan gratis kok! :-). Namun hanya sedikit dari orang-orang yang bermimpi yang melangkah dan mendekati impian mereka. Dan dari sedikit orang ini, hanya beberapa saja yang mempunyai keberanian untuk akhirnya mewujudkan impian mereka.

Orang bijak mengatakan, “dengan memiliki impian yang jelas maka separo jalan untuk mencapainya telah kita lalui”.

Ketika anda memulai bisnis akherat untuk pertama kalinya, anda mungkin merasa kurang nyaman karena ini mungkin sesuatu hal yang baru bagi anda. Mungkin banyak istilah-istilah yang anda belum mengerti. Mungkin anda masih bingung harus mulai dari mana. Ini semuanya mungkin membuat anda merasa kurang nyaman.

BERATNYA MENCAPAI SURGA dan MENYENANGKANNYA JALAN KE NERAKA

Kita telah memutuskan untuk membangun bisnis akherat, menunjukkan kepada kita bahwa kita bukan hanya menginginkan kehidupan yang lebih baik,tetapi kita bersedia mengeluarkan perngorbanan untuk mencapainya. Dan, untuk mencapai ini tidak dibangun dengan satu langkah besar, tetapi dengan ribuan langkah kecil dan melewati berbagai kerikil, bebatuan, genangan air, dsb  yang harus kita lalui.

Rasulullah SAW bersabda: : Ketika Alloh menciptakan surga, Alloh perintah kepada Malaikat Jibril untuk melihat surga yang disediakan untuk ahli surga.

Setelah Malaikat Jibril melihat-lihat surga, lalu Jibril berkata : “waizzatika (Demi Kemulyaan Engkau Alloh), tidak ada seorang pun yang mendengar surga maka pastilah ia ingin memasukinya.

Kemudian, Alloh “mengelilingi” surga dengan hal yang membencikan.

Alloh berfirman : “Hai Jibril kembalilah ke surga dan lihat lagi atas apa yang telah AKU siapkan.

Malaikat Jibril kemudian kembali lagi ke surga.

Ketika melihat surga sudah dikelilingi dengan yang membencikan untuk memasukinya (persyaratan-persyaratan, dsb), Jibril kembali kepada Alloh dan berkata : “waizzatika (Demi Kemulyaan Engkau Alloh), niscaya sungguh kuatir saya, tidak seorang pun bisa memasuki surga”.

Kemudian, Alloh SWT berfirman : ” pergilah engkau untuk melihat neraka dan lihatlah apa yang telah AKU sediakan untuk ahli neraka.

Ketika Malaikat jibril melihat neraka yang apinya mengerikan, saling tumpuk-tumpuk, Malaikat Jibril kembali kepada Alloh dan berkata: “waizzatika (Demi Kemulyaan Engkau Alloh), seseorang yang mendengar neraka maka pastilah ia tidak akan mau memasukinya.

Kemudian Alloh perintah agar neraka dikelilingi dengan yang menyenangkan.

Allah berfirman : “kembalilah engkau Jibril melihat neraka”.

Kemudian Jibril kembali melihat neraka dan menghadap lagi kepada Allah dan berkata : Demi Kemulyaan Engkau Alloh, niscaya sungguh hawatir saya bahwa tidak ada yang selamat seorangpun kecuali masuk neraka. (hawatir semua orang masuk neraka karena untuk memasuki neraka dipenuho dengan yang menyenangkan).  HR.Tirmidzi juz 4 halaman 693-694

Jadi, SURGA DIKELILINGI DENGAN SEGALA YANG MEMBENCIKAN dan NERAKA DIKELILINGI DENGAN SEGALA YANG MENYENANGKAN.

Setiap manusia dan jin akan dihadapkan pada dua tempat, berdasar  Sabda Rasulullah SAW :

مَا مِنكُم مِن أَحَدٍ إِلَّا وَلَهُ مَنْزِلَانِ مَنْزِلٌ فِي الْجَنَّةِ وَمَنْزِلٌ فِي السَّعِيرِ. رواه البخارى

“Tidak ada dari kalian kecuali baginya ada dua tempat, satu tempat di dalam surga dan yang satu tempat di dalam neraka.”

A. KEADAAN SURGA

Surga merupakan Polnya Kesenangan, Polnya Kenikmatan, Polnya Kebahagiaan.  Nabi bersabda :

قَالَ يُنَادِى مُنَادٍ : إِنَّ لَكُم أَن تَصِحُّوا فَلَاتَسْقَمُوا أَبَدًا، وَإِنَّ لَكُم أَن تَحْيَوْا فَلَاتَمُوتُوا أَبَدًا، وَإِنَّ لَكُم أَن تَشِبُّوا فَلَاتَهْرَمُوا أَبَدًا، وَإِنَّ لَكُم أَن تَنْعَمُوا فَلَاتَبْتَئِسُوا أَبَدًا… الحديث. رواه مسلم

“Nabi bersabda : akan ada (Malaikat) yang memanggil (di dalam Surga) : sesungguhnya kalian akan selamanya sehat dan tidak akan sakit, dan sesungguhnya kalian akan selamanya hidup dan tidak akan mati, dan sesungguhnya kalian akan selamanya muda dan tidak akan tua, dan sesungguhnya kalian akan selamanya nikmat dan tidak akan susah…”

Di dalam surga itu semuanya ada, semua yang diminta pasti ada :

…وَلَهُم مَايَشْتَهُونَ. سورة النحل ٥٧

“Dan mereka mendapatkan apa-apa yang akan mereka inginkan.”

Firman Alloh dalam hadist :

قَالَ اللهُ : أَعْدَدْتُ لِعِبَادِيَ الصَّالِحِينَ مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ… الحديث رواهالبخارى

”Alloh berfirman : Aku telah menyediakan untuk hamba-hambaku yang sholih berupa sesuatu (kenikmatan) yang belum pernah terlihat oleh mata dan belum pernah terdengar oleh telinga dan belum pernah terbesitkan oleh hati manusia…” 

Barangkali kita sakit, susah, jatuh mental maka semua itu bisa hilang atau berkurang kalau kita ingat pada surga. Karena Alloh mengingatkan :

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُؤْمِنِينَ. سورة ال عمران ١٣٩

”Dan janganlah kalian merasa hina dan merasa susah dan bahkan kalian adalah orang-orang yang mulya jika kalian orang-orang yang beriman.”

Maka dari itu, sebagai cantolan Bp. KH. Nur Hasan Al ubaidah : “walaupun hidup di dunia itu kamu jadi keset, maka ngguyuo, tertawalah, bahagialah!  karena ada pengharapan surga .

 

B. KEADAAN NERAKA

Neraka adalah polnya kesengsaraan, polnya siksaan, polnya penderitaan. Di dalam hadist :

قَالَ أُوقِدَ عَلَى النَّارِ أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى احْمَرَّتْ ثُمَّ أُوقِدَ عَلَيهَا أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى ابْيَضَّتْ ثُمَّ أُوقِدَ عَلَيهَا أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى اسْوَدَّتْ فَهِيَ سَوْدَاءُ مُظْلِمَةٌ. رواهالترمذى

”Nabi SAW bersabda : api neraka telah dipanaskan selama seribu tahun sehingga warnanya menjadi merah, kemudian dipanaskan lagi selama seribu tahun sehingga warnanya menjadi putih, kemudian dipanaskan kembali sehingga warnanya menjadi hitam dan warnanya hitam gelap.”

Maka sangat berat, kalo orang dimasukkan ke neraka akan merasa kepanasan betul :

…كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُوْدُهُم بَدَّلْنَاهُم جُلُوْدًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ… سورةالنساء٥٦

“…ketika kulit mereka rusak, maka kami Alloh mengganti kulit mereka dengan kulit yang baru, agar mereka merasakan pada siksaan (neraka)…”

Maka di Hari Jumat kita biasanya diingatkan dalam khotbah :

فَإِنَّ أَجْسَامَكُم عَلَى النَّارِ لَاتَقْوَىٰ.

“Maka sesungguhnya jasad-jasad kalian tidak akan kuat terhadap api neraka.”

Makanannya ahli neraka itu kayu zaqum :

إِنَّ شَجَرَةَ الزَّقُّومِ. طَعَامُ الْأَثِيمِ. كَالْمُهْلِ يَغْلِى فِى الْبُطُونِ. كَغَلْيِ الْحَمِيمِ. سورةالدخان٤٣-٤٦

“Sesungguhnya kayu zaqum adalah makannnya orang-orang yang berdosa yang minyaknya kayu seperti minyak endapan yang akan mendidih di dalam perut seperti mendidihnya air panas.”

Padahal satu tetes kayu zaqqum itu bisa membuat seluruh dunia ini menjadi pahit dan menjadi busuk.  Sedangkan di neraka nanti kayu zaqqum itu akan menjadi makanan mereka, dan tidak hanya satu tetes.

Memang Berat untuk mencapai surga, namun lebih berat lagi kalau gagal masuk surga & malah masuk neraka.

“Abot Enteng, lakonono!”

Percayalah, Mimpi insyaAllah akan menjadi kenyataan...

Semoga kita bisa sukses dunia dan akhirat.

aamiin…

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

5 Comments on “Imagine The Future | Sukses Dunia Akhirat”

  1. hooam, sudah lama gak main kesini 😀 ..

    btw, artikelnya membantu sekali mas admin 😀 .. Ajzkah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *