Makna Gerakan Go Green LDII

Go Green Ternyata Merupakan Salah Satu Shadaqah Jariyah.  

Belakangan ini Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) sedang gencar-gencarnya melaksanakan Gerakan penghijauan nasional LDII Go Green di Seluruh Indonesia. Ada yang bertanya “apa sebenarnya maksud LDII melaksanakan kegiatan ini? ngapaiin LDII sebagai lembaga Dakwak kok ikut-ikutan sibuk dengan Go Green segala? apakah sekedar ikut-ikutan trend? bla..bla..bla…

Saudaraku, reason dibalik kegiatan ini adalah selain mendukung program pemerintah, dan yang paling utama adalah dalam rangka aktualisasi ibadah untuk memakmurkan bumi, LDII melaksanakan dakwah bil-hal antara lain LDII melaksanakan program penghijauan di seluruh provinsi dengan semangat untuk menangkal pemanasan bumi dan perubahan iklim. LDII dengan slogan programnya LDII Go Green mengharapkan agar masyarakat Islam mendapatkan kesempatan melaksanakan penghijauan sebagai shadaqah jariyah.

Sebagaimana sabda Rasulullah saw:

(مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا، أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا، فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ، إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ. ( رواه البخاري في كتاب المزارعة

Artinya: “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ada baginya menjadi shadaqah “. [HR. Al-Bukhory)

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW tersebut, kita meyakini bahwa menanam pohon itu merupakan sodakoh. Maka gerakan penghijauan menjadi shadaqah dan menjadi ibadah bagi orang yang melaksanakannya, apalagi penghijauan itu akan merupakan faktor penting dalam menangkal pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change).

DPP LDII telah pula menerbitkan 2 (dua) buku laporan: Buku Laporan Pencanangan Gerakan Penghijauan Nasional, LDII Go Green yang dilaksanakan di Makassar tanggal 21 Juni 2010 dan Laporan LDII go green Provinsi Jawa Tengah, Gerakan Jariyah Lingkungan “Rakyat Menanam”, Sak Wong Sak Wit (Satu Orang Menanam Satu Pohon) Menuju Jawa Tengah Ijo Royo Royo. Buku tersebut telah dikirimkan ke berbagai lembaga pemerintah dan swasta untuk menjadi referensi yang bermanfaat.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan keselamatan, keamanan, kelancaran dan kebarokahan serta limpahan rahmat dan hidayah kepada kita semua. Aamiin.

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About admin

Kontributor Website Resmi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Barat, Organisasi Dakwah/Ormas Islam Resmi & Legal, Berbadan hukum.

View all posts by admin →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *